contoh cerpen ori


            Suatu malam yang sunyi, aku termenung, seorang diri dalam sepi. Keheningan malam ini tak seperti biasa, aku merasakan bulu kuduk ku berdiri. Perasaan ku semakin tak enk setelah mendengar sayup-sayup suara dari kejauhan.tanpa pikir panjang, aku pun mengambil langkah seribu ke dalam rumah. Dari dulu hingga sekaramg memang tak pernah lepas dari rasa takut pada kegelapan. Pernah, suatu hari aku mencoba memberanikan diri keluar kamar pada tengah malam, alhasil aku malah tidur di ruang makan alias pingsan. Karena kaget mendengar suara yag tiba-tiba muncul dari mulut tokek, yang aku kira itu adalah suara dedemit. Dan entah suara apa barusan yang ku dengar. Aku tak berani untuk mencari tau apa suara itu.
                 “Lani! Ngapain kamu malam-malam gini lari??” itulah sapaan pertama yang ku dapat dari mama ketika aku mengambil plangkah seribu.
                 “em..em..anu ma, diluar ada suaraaneh!” jawabku gugup.
                 “suara aneh apa? Kamu tu ygang ane,malam-malam kok lari-lari..”
                 “ta..tapi ma..”
                 “nggak ada tapi-tapian,cepet masuk dan makan malam!!”
                 “huuh! iya iya..”
                Denga langkah gontai, aku bejalan menuju meja makan. Sesampainya, akumendapat sapaan kedua yang menurut ku itu memang logat kakakku.
                 “muka kusut banget! Ngga pernah di setrika ya?? Kenapa sih loe?”
                 “ tadi…di luar ada suara aneh, takut…”
                 “ah..mungkin perasaan mu aja, jadi orang penakut amat! Nggak ada yang aneh, kamu yang aneh!”
                2 orang telah mengidentifikasi aku sebagai orang aneh, padahal, emang tadi ada suara aneh!
                Selesai mkan, aku pun betghegas untuk ke pulau kapuk krena aku udah di landa rasa kantuk yang amat sangat berat. Lampu kamar ku tidak pernah padam pada waktu malam hari, di karenakan ketakutan ku pada kegelapaan.
Saat aku masuk kamar tiba-tiba…’pet..’ aku pun berteriak sekeras-kerasnya.
                 “aaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!”
Mungkin karena kakakku tidak tahan dengan suara teriakan ku, dia pun menghidupkan kembali lampu kamr ku.
                 “kakaaakk…jahat banget sih loe jadi orang, udah tau gue takut sama gelap, masih aja jahil, nggak lucu tau nggak!!”
Itulah kata-kata mutiara yang spontan terucap dari bibirku  setelah mengetahui, kakakku lah penyebab lampu di kamar ku mati.
 “hehe..maaf maaf, kan gue  mau terapi gelap ke loe,supaya loe nggak jadi penakut..” sambil cengar-cengir.
 “terapi! Terapi! Terapi nenek moyang loe? Udah sana…pergiiii!!!!”
Akhirnya aku berhasil mengusir kakakku pergi dari kamar ku. Aku pun merasa tenang dalam terangnya lampu…

Keesokan harinya,aku melihat kalender bulan ini, ’besok aku ulang tahun’ gumamku dalam hati. ‘semoga di umurku yang lebih dewasa, aklu bisa mengikis sedikit rasa takutku terhadap gelap yang berlebihan.
 “heyy ngapain kamu pagi-pagi sudah melamun”. Papa membuyarkan lamunan ku.
 “eng..enggak pa,,”
 “kalo nggak ada apa-apacepetan sana mandi dan sarapan, nanti telat berangkat..”
 “okke pa ! “ jawabku singkat.
Aku pun bergegas menuju kamar mandi dan melaksanakan kegiatan rutin, yaitu bernyanyi bersama bak mandi,,heheJ . sedang asyik bernyanyi,gedoran di pintu kamar mandi pun  tak terelakkan.
‘dor ! door ! dor’ “woe…loe tu mandi apa konser sih? Lama amat! Cepetan Lani….!!!” Itu adalah suara khas dari balik pintu.. J
 “okke kak…sebentar lagi..hehe” jawabku sambil cengar-cengir.
                              ---------
Urusan kamar mandi sudah selesai,ganti haluan ke meja makan.. sambil mengoleskan selai di rotiku, mama bertaya.
 “Lan, besok akmu kan ulang tahun, kamu mau di tayain ngga?”
 “itu sih terserah mama, aku tinggal setuju aja.”
 “emmm tapi Lan, kalaupun di rayain, pesta nggak akan semeriah kemaren karena,mama dan papa sedang krisis”
 “its okay mom,no problem..” jawabku denagn roti masih di mulut.
Selesai makn aku pun bergegas menuju ke sekolah, karena jarak rumah dan sekolah tidak terpaut jauh,aku pun cukup menggunakan sepeda. Itung-itung olahraga juga..
                   ++++++++++++++++++++
Sampai di sekolah.
 “hai Lan! Dah denger kabar belom?? Sabtu ini, pas kita persami, bakalan ada acara ekspedisi malam, kayaknya seru deh!”  seru Vita dengan semangat.
 “ih ! seru apanya, denger kata gelap aja males! Mau jalan-jalan di tengah kegelapan lagi ! ogah ah…”
 “ ah kmau ini nggak seru banget!! Cobain dlu dong, bau ngomong, setau ku, ikamu tu selalu takut pada hal-hal yang belum tentu itu menyeramkan, nggak mesti kalee gelap identik dengan kesereman…”
 “iya sih…tapi…”
 “aku juga pernah denger ada kalimat *jika kmau terluka karena bisa ular, obat sesungguhnya adalah bisa ular itu sendiri..kamu paham kan maksudnya??”
 “iya..agak paham..”
 “heeh…dasar luu , udah yuk masuk aja, nanti keburu bel..”
 “oke oke”
Kami pun ke kelas……
           >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

 Sepulang sekolah, aku merebahkan diri di kasur empuk ku, belum selesai menghela nafas, hape ku brgetar ‘drrt drrrtt’ . ternyata sms dari Kiki ,

Ntar malem kluar yuk?
 


Ku balas :

Kemana???
 



Kiki :

Ke kafe dket  taman pertiwi
 




Okke (y)
Aku :


Kebetulan, aku sedang nggak mood di rumah, aku pun menyetujui ajakan Kiki, walaupun sebenarnya ada rasa was-was keluar malam.

Malam harinya……
  “ma, aku pergi ke kafe deket taman pertiwi ya? Bosen di rumah teruss…”  rengek ku
  “kamu yakin pergi sendiri? Nggak mau di temenin kakak mu?”
  “ah, nggak usah lah, lagi pula nanti temenya banyak kok…”
  “oooh, ya sudah kalo gitu, hati-hati ya?”
  “ya ma…”  sambil ngeloyor pergi.
Aku langsung pergi meninggalkan rumah pada jam 9 dan berlalu begitu saja dengan sepeda motor.

Sampai di kafe, aku terperangah. Tak satupun teman ku dapati. Spontan pikiran pertama ku adalah menelpon Kiki, ‘tuuut tuut…’
Kiki : hallo?
Aku : lu ada dimana sih? Temen-temen juga, Kok belum nyampe?
Kiki : sorry Lan sorry, kita nih lagi terjebak macet yang amat sangat dahsyat, jadi kemungkinan besar ita nyampe 1 jam lagi?
Aku : hah? Gila lu, gue bisa tua disini…!!
Kiki : tenang, tenang, tadi gue udah menghubungin Vita, katanya dia sebentar lagi dateng…jadi, sabar ya..??
Aku : ah…ya udah deh, bye…


Dengan perasaan kecewa, aku mentup telpon. Tak lama kemudian, Vita pun benar datang, seperti yang di katakan Kiki.
  “hayy lama nunggu ya neng??” tnya Vita
  “nggak juga…!”
  “sewot banget sih? Ada angin apa? Eh, eh, yang lain pada kemana?”
  “itu dia…yang bikn ak kesel, kata Kiki, mereka edang terjebak macet, kira-kira mereka sampai sini 1 jam lagi”
  “whatz???” Vita ikut-ikutan teriak, sampai banyak orang yang ngeliatin.
  “sssst, pelan dikit napa sih? Malu tau nggak?” aku mencoba menutup mulut Vita.
  “ah…ya udah…masuk dulu yuk? Kita booking tempat dulu, sambil nunggu mereka dateng”
  “ayoooo”
Kami berdua memutuskan untuk masuk terlebih dahulu.
  “kamu mau pesan apa Vita?” tawarku
  “idem kamu aja deh, males milih-milih”
  “ Yya udah deh, mbak, jus mangga 2 ya?” suruhku pda ‘mbak’ pelayan.
Tak lama kemudian, minuman yang ku pesan datang, sambil nunggu mereka, aku dan Vita ngobrol banyak banget. Sampai nggak kerasa lamanya waku terlewat…
  “gila ya! Udah 2 jam kita duduk disini, mereka kemana sih?”  Vita mulai mengomel
  “tau’ tuh, pulang aja yuk? Udah jam 11…”
  “enggak ah Lan, nggak enak sama mereka…”
  “mau gimana lagi coba? Hari semakin gelap, hampir tengah malam…aku takut Vit…”
  “eh !! itu nadia……!!!” Vita langsung berseru ketikq meliaht nadia datang.
  “tapi?? Mana yang lain?” tanyaku
  “wooy kemana aja sih loe, tungguin dari tadi, baru nongol sekarang. Yang laen mana?”  tanyaku tak sabar.
  “yang laen masih di bengkel, tadi tu kita terjebak macet, truz tiba-tiba ban mobil Kiki bocor…kena paku di jalan, jadi Kiki harus gantiin ban serepnya dulu…takutnya kamu dan Vita pualng, aku di suruh kesini dulu buat nyegah kalian pulang…” penjelasan yang panjang dan lebar di paparkan Nadia.
  “kesimpulannya…Kiki dan Fani tiba setengah jam lagi…”
  “tragis bener kisah loe, tapi lama banget tau nggak…………!!” sahut Vita
  “ya maaph, semua kejadian kan nggak ada yang tau??”
  “iya deh iya…” aku tak terlalu bersemangat, karena rasa takut ku, tiba-tiba muncul.

***setengahjam kemudian………
  “heyy makasih banget ya,,,dah mau  nungguin kita…”  kata Fani melas.
  “ya lah…kita kan setia kawan…” jawabku spontan.
 “maaf ya…maaf banget……… kalian udah booking tempatkan?” tnya Kiki
  “udah lah…untung ni kafe 24 jam, jam segini orang-orang dah pada pulang…”
  “bagus deh, ayo kita masuk” ajak Kiki
  “ayooo”  semua menyetujui

Setelah memesan makanan dan mendapatkan apa yang di inginkan, kami pun menyantap makanan yang sudah ada, dengan bercanda bersama. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 12 malam. Aku berniat untuk mengajak teman-teman pulang, tapi sebelum ku utarakan maksudku, tiba-tiba semua lampu di kafe padam !
  “AAAAaaaaaaaaaaaaaaaa!!!” aku berteriak tanpa spasi, aku seperti dalam kesendirian. Kucoba memanggil teman-temanku.
  “Vita……Nadia……Fani……Kiki……” tapi tak ada satupun jawaban yang kudapat, perasaan ku bercampur aduk, aku mulai melawan rasa takut ku, mencoba meraba apa yang ada di meja, yang ku dapati hanya suara piring pecah yang aku pegang. Aku memerangi rasa takutku,,, aku menangis sejadi-jadinya. Aku merasa tertekan. Tiba-tiba……sesuatu datang memhampirku, semakin dekat…dekat…lebih dekat…dan………
  “HAPPY BIRTHDAY TO YOU… happy bithday Lani…happy borthday, happy birthday, happy birthday………Lani…”
  “yeeeeeeeeeeee” semua bersorak tapi aku etap menangis, tak percaya apa yang terjadi. Perasaan ku antara marah, dan bahagia bercampur. Tapi perasaan marah yang mewakiliku.
  “nggak lucuu!! Tau nggakkk!!!” semua terdiam seakan tak percaya aku akan semarah itu.
  “maaf Lan….kita nggak bermaksud buat kamu marah dan takut, kami hanya inginmengurangi ras takut mu pada kegelapan dan memeriahkan ulang tahun mu…”
  “tapi nggak gini caranya..”  aku tetap menangis.
  “iya Lan…maaf..aku yakin ! rasa takut pada kegelapan mu akan hilang di kegelapan juga! Trust me….”
  “iya,,,makasih semua..”  ucapku lirih
  “eits..! tunggu dulu..ini semua nggak murni ulah kita lhoo..” kata Fani dengan mengedipkan mata.
  “maksud kamu??”
  “jeng….jeng……..!!!” mereka berempat berseru.
  “papa? Mama? kakak?”tanyaku setengah tak percaya.
  “mereka juga andil dalam memeriahkan acara lhoo” ucap Nadia dengan semangat.
  “maaf ya Lani sayang…mama hanya ingin yang terbaik untukmu, kemarin mma sempat konsultasi sama dokter ahli, katanya rasa takutmu pada kegelapan akn hilang di kegelapan juga..”  penjelasan mama membuat hati ku tenang.
  “iya, benar apa yang dikatakan mamamu, gelap itu asyik lhoo” canda papa
   ‘ Grrrrr’ semua tertawa…..
Malam ini adalah malam yang paling menyebalkan dan menyenangkan, munghkin ini terapi sungguhan yang di berikan mama dan papa. ‘Nggak kayak terapinya kakak’ gumamku.
                                     ^^^^^

Selesai pesta tengah malm itu, aku memang merasakan ada hal aneh dalam diriku. Aku merasa sangat lebih baik dari sebelumnya. Saat kakakku mematikan lampu,aku hanya berteriak kecil, tidak seperti sebelum pesta tengah maalam yang sekaligus terapiku itu… J
Akhirnya aku memutuskan untuk mencari tauasal suara yang membuat aku taut bberapa hari terakhir.
   “kamu yakin Lan?” itulah respon kakakku setelah aku bercerita padanya.
   “ iya kak, aku sungguhan, keputusanku sudah bulat!” jelasku berapi-api.
   “ nta kalo kamu pingsan gimana?” kakakku bertanya lagi seolah tak percaya pada apa yang akan aku lakukan.
   “nggak!! Kak, Lani yakin, Lani bisa! Lani akan menghilangkan rasa takut Lani pada kegelapan, di kegelapan juga!” aku sanagt bersemangat.
   “its all up to you…”
                              #############
Malam harinya….
Aku mempersiapkan fisik dan mentalku untuk benar-benar menghadapi kegelapan.malam ini baru jam 8 lebih sedikit, mungkin jika aku belum di terapi gelap aku sudah lari dari 5 menit yang lalu. ‘mana sih suara itu? Kalo di tungguin nggak mau nongol, giliran aku ketakutan, nongol teruss,,,huuh!’  omelku dalam hati.
Sayup-sayup terdengar di kejauhan suara yang ku takuti terdengar.  Walau tak setakut biasanya , aku tetap merasa bulu kuduk ku berdiri. Aku siap untuk berdiri, sambil berpegang tongkat kasti aku perlahan maju langkah demi langkah. Aku berhenti ketika suaa itu semakin dekat. ‘aku akan pukul suara itu kalo dia dedemit’  pikirku dalam hati. Aku tak berani untuk maju lagi, karena kau merasa suara itu yang maju mendekatiku. Aku ingin berteriak tapi tak bisa. Suara semakin dekat…dekat…dekat….dan….dekat………………

   “ting, ting, ting , mi , mi, mi ayam…”
Benar saja , tidak salah firasatku jika ingin memukul bang Tono karena berhari-hari nggak lewat depan rumah. Pake suaranya kayak bakso lagi!!
Tapi gara-gara bang Tono aku bisa tau, kalo di dalam kegelapan, tidak semuaya menakutakan. Malah sebaliknya , suara yang ku takuti, sebenarnya, suara yang aku cari.

Akhirnya…pada malam itu , aku menelpon temen-temen untuk ku traktir mie ayam langgananku untuk, merayakan dan bersyukur, karena rasa takutku pada kegelapan sudah hilang…..  J














Rahasia di Balik Rahasia

 Oleh       
Cika Dias Faradita

0 komentar:

Copyright 2009 yang terpenting adalah ketika kita bisa melihat sisi baik dari semua hal. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates