CUACA


Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu. Cuaca sangat berpengaruh dalam kehidupan setiap makhluk hidup di bumi. Cuaca yang sering kamu alami, di antaranya, cerah, panas, dingin, dan hujan. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari keadaan langit. Bagaimana kamu mengamatinya?
Jika langit diliputi awan, tampak sinar matahari ke bumi terhalang oleh awan. Oleh karenanya, udara tidak terlalu panas. Pada siang hari, cuaca cerah dan langit tidak berawan. Jika matahari bersinar terang, udara akan terasa hangat. Cuaca terasa panas, saat matahari langsung menyinari bumi tanpa terhalang. Ayo, perhatikan Gambar 9.1. Pada saat tertentu, awan tampak berwarna abu-abu dan menutupi langit. Itu pertanda akan turun hujan. Hujan turun berupa titik-titik air dari langit. Pada saat hujan, biasanya cuaca terasa dingin.
Tahukah kamu, bagaimana terjadinya hujan di permukaan bumi? Lalu, dari mana air hujan berasal?
Hujan terjadi karena ada pemanasan air di permukaan bumi. Air yang ada di permukaan bumi berasal dari sungai, danau, dan laut. Panas matahari menyebabkan air tersebut menguap ke udara. Oleh karena keadaan udara di langit dingin, uap akan mengembun membentuk awan.
Di dalam awan, uap air berubah menjadi butiran air yang jumlahnya sangat banyak. Butiran air itulah yang jatuh ke bumi sebagai hujan. Hal itu disebabkan butiran air lebih berat daripada uap air. 

0 komentar:

Copyright 2009 yang terpenting adalah ketika kita bisa melihat sisi baik dari semua hal. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates